Cerita Penonton Saksikan Langsung Ajang Balap WSBK di Sirkuit Mandalika

Ajang balap motor kelas dunia World Superbike (WSBK) telah rampung terlaksana di arena balap kebanggaan Tanah Air, Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021) kemarin. Ajang balap yang terselenggara pada 19 hingga 21 Desember 2021, diketahui dihadiri penonton baik lokal maupun mancanegara dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Perhelatan tersebut menuai beragam komentar dari para penonton yang hadir dan menyaksikan langsung.

Beberapa penonton menyatakan, sirkuit dengan track lintasan 4,31 km ini memiliki pemandangan yang indah, mulai dari akses masuk sirkuit hingga area dalam sirkuit. Hal itu diungkapkan satu di antaranya Farhan (25). Dirinya mengaku takjub dengan keindahan yang disuguhkan di area sirkuit Mandalika ini.

"Kalau saya melihat sirkuit ini, dari sisi keindahannya, karena mungkin dekat pantai," kata Farhan saat ditemui di lokasi pada race kedua WSBK, Minggu (21/11/2021) kemarin. Tak hanya Farhan, kesaksian tersebut juga diungkapkan Donny Kinky yang datang ke sirkuit bersama kerabatnya. Pria berusia 28 tahun itu mengaku terpukau dengan keindahan sirkuit kenamaan Tanah Air tersebut.

Hanya saja kata dia, masih terdapat beberapa faktor yang harus menjadi perhatian dari pemerintah terutama pihak pengembang arena balap bernama Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit ini. "Jadi enggak bisa ngeliat apa yang terjadi pas di tikungan, kita cuma bisa liat yang ada di depan doang," ucapnya. Tak hanya itu, Donny juga mengungkapkan, beberapa fasilitas penting di sirkuit yang memiliki 17 tikungan tersebut masih harus difokuskan pembangunannya.

Hal itu ia katakan merujuk pada pengalamannya saat melewati pintu masuk sirkuit, di mana kondisi di area itu masih tergenang air dan lumpur tanah akibat hujan deras yang terjadi di hari sebelumnya. "Paling kalau buat ke depan kan bakal ada MotoGP di sini (sirkuit Mandalika), ya itu akses pas masuk sebaiknya diselesaikan lebih cepat biar gak banjir kaya kemarin," katanya. Di lokasi tersebut terpantau dipenuhi oleh becekan tanah dengan sebagian besarnya masih tergenang air.

Kondisi tersebut membuat para pengunjung sirkuit terlihat lebih berhati hati saat berjalan. Bahkan untuk menghindari pengunjung dari keadaan tergelincir, panitia penyelenggara telah menyiapkan lembaran papan alas untuk dilalui. Tak hanya di area pintu masuk, kondisi serupa juga terlihat di beberapa booth sponsor dan di gerai gerai pedagang.

Diketahui, dalam ajang WSBK ini, pembalap asal Turki Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia. Toprak berhasil mengunci kemenangan tersebut pada race pertama seri penutup gelaran WSBK ini. Adapun total poin yang diperoleh Toprak dalam ajang WSBK di Sirkuit Mandalika tersebut berjumlah 564 poin, lalu disusul oleh Jonathan Rea yang menempati podium kedua dengan 551 poin dan Scott Redding di posisi ketiga dengan torehan 501 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.