Hasil Liga Inggris: Tottenham Bikin Leeds Gigit Jari, Debut Sempurna Conte di Kandang Sendiri

Hasil brilian didapat Tottenham Hotspur kala menjamu Leeds United di Tottenham Hotpsur Stadium, MInggu (21/11/2021) malam, WIB. Tottenham berhasil melakukan comeback atau membalikkan ketertinggalan menjadi keunggulan selama kurun 90 menit laga. Hasil akhir laga Tottenham vs Leeds United ini sendiri berkesudahan dengan skor 2 1.

Kedua gol tuan rumah dibuat oleh Hojbjerg (58') dan Reguillon (69'). Sedangkan satu satunya gol dari tim tamu dibuat oleh Daniel James (44'). Penampilan Spurs di babak kedua sangat berbeda dari apa yang mereka peragakan di paruh pertama.

Anak asuh Antonio Conte ini tampil lebih trengginas di 45 menit kedua. Harry Kane, Son Heung min dan Lucas Moura tak lagi terisolasi di lini depan. Ketiganya turut menjadi penyebab terjadinya dua gol yang dibuat oleh rekan mereka.

Kemenangan ini sekaligus menandai debut gemilang Antonio Conte di kandang sendiri kala bertanding di Liga Inggris. Sebelum laga ini, ia memang sudah pernah tampil di hadapan para pendukung The lilywhites. Akan tetapi, itu terjadi di ajang Europa Conference League.

Tottenham dan Leeds United sama sama tampil ngotot di awal babak pertama. Tim tamu malah lebih sering mendominasi bola selama lima menit awal. Kalvin Phillips bahkan memperoleh peluang pertama melalui tendangan bebas di awal laga ini.

Sepakan yang ia lepaskan sayangnya masih bisa ditangkap dengan baik oleh Lloris. Pada menit ke 8, giliran Stuart Dallas yang menebar ancaman. Ia melepas tendangan dari luar kotak yang mengarah ke sisi kiri Lloris.

Untung bagi Spurs, sepakan tersebut masih melebar tipis dari tiang gawang. 10 menit laga berjalan, Tottenham belum bisa keluar dari tekanan lawan. Empat pemain tengah yang ditampilkan Conte sama sekali tak bisa berkutik menghadapi pemain lawan.

Alhasil, bola dengan mudah melewati area tengah dan masuk ke sepertiga akhir lapangan. Tottenham masih menemui kebuntuan hingga menit ke 25. Permainan mereka sama sekali tak berkembang di babak pertama ini.

Lini tengah mereka benar benar kalah saing dengan deretan punggawa Leeds. Tempo permainan Spurs baru meningkat pada menit ke 30. Mereka lebih berani mengontrol bola dan melakukan umpan umpan pendek.

Lucas Moura dan Son Heung min yang menjadi poros serangan sayangnya masih belum bisa menembus pertahanan Leeds. Harry Kane yang berperan sebagai penyerang nomor sembilan juga tak mendapat banyak aliran bola matang. Kejadian unik terjadi pada menit ke 34.

Bola saat itu berada di kaki pemain Spurs Eric Dier. Ia lantas mencoba melakukan operan kepada rekannya yang lain. Kalvin Phillips pun berusaha merebut bola yang dikuasai pemain The Lilywhites.

Akan tetapi, Phillips malah sedikit menabrak wasit yang berada di sekitar bola. Untungnya tabrakan antara sang wasit dan Phillips tak berakibat fatal. Keduanya langsung bisa melanjutkan pertandingan.

Pada menit ke 42, Leeds malah berhasil memecah kebuntuan. Pergerakan Jack Harrison di sisi kiri penyerangan The Whites memporak porandakan pertahanan Spurs. Ia melewati sekiranya tiga pemain sebelum mengirim umpan silang matang.

Daniel James yang berada di sisi jauh berhasil menyambut umpan tersebut dan menjebol jala Hugo Lloris. Tottenham akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke 58. The Lilywhites harus berterima kasih kepada Pierre Emile Hojbjerg yang menjebol jala Meslier.

Itu terjadi setelah sebelumnya, dua peluang Spurs di kotak penalti selalu mentok membentur tiang dan mister gawang Leeds. Spurs berhasil unggul pada menit ke 69. Berawal dari tendangan bebas Eric Dier yang membentur tiang, Reguillon masuk ke kotak penalti dan menyambar bola muntah tersebut.

Cocoran Reguillon tak bisa dihalau Meslier dan skor menjadi 2 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.