Jokowi Minta Geopark Terus Dijaga, Lindungi dan Tak Dieksploitasi Berlebihan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pentingnya menjaga kawasan Geopark sebagai bagian dari warisan kekayaan alam Indonesia. Maka, Presiden mengingatkan agar Geopark terus dijaga dan dilindungi. Apalagi, kata Jokowi, Geopark tak hanya sebagai tempat konservasi.

Tetapi, lebih dari itu, sebagai sarana belajar tentang warisan bangsa dan bahkan dunia tentang keragaman geologi, keragaman hayati, serta keragaman budaya. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Nasional Geopark Indonesia II yang disiarkan kanal YouTube Bappenas RI, Senin (22/11/2021). "Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan, bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem tetap terjaga dengan lestari menjadi kebanggaan bangsa dan negara kita," kata Jokowi.

Presiden juga mengatakan, bahwa Geopak bisa dimanfaatkan sebagai tempat geowisata. Dimana, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga bisa ikut terlibat untuk melakukan konservasi lingkungan. Apalagi, Kepala Negara menyebut bahwa geowisata sangat diminati oleh wisatawan saat pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

"Saya melihat Geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism," jelas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.